9 Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Diposting pada

Kinerja Smartphone Android – Handphone yang baru keluar dari boks akan responsive waktu dipakai. Tetapi, sekencang apa saja handphone tetap melamban seiring waktu berjalan. Keadaan ini normal berlangsung, baik pada handphone kelas tinggi atau kelas bawah.

Handphone yang melamban bisa muncul karena banyak hal. Bisa disebabkan terserang virus, kebanyakan memasang program, multi-tasking yang terlalu berlebih, sampai kekurangan area untuk menyimpan.

Tetapi, sepanjang bukan lantaran kerusakan hardware, performa handphone yang melamban bisa dibenahi dari rumah. Di bawah ini kami akan memaparkan cara-cara yang dapat kalian kerjakan di dalam rumah saat handphone kalian mulai melamban.

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android
Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

1. Pahami Masalahnya

Hal pertama yang penting dilaksanakan dengan cari tahu pemicu handphone jadi lamban. Check dibagian Penyimpanan File pada Penataan, apa penyimpanan handphone telah begitu penuh? Jika tidak, check penyimpanan RAM. Jika tanda penyimpanan RAM masih tetap normal, bisa saja handphone terserang virus.

2. Hapus File tidak Penting

Penyimpanan yang begitu penuh jadi pemicu umum handphone jadi lamban. Coba untuk memisah dan pilih kembali file photo, video, dan dokumen. Jika tidak penting, karena itu lebih bagus dihapus saja supaya penyimpanan lebih lengang.

Disamping itu, hapus program bawaan telephone dan program yang tidak dipakai. Banyak handphone yang dipasang program-aplikasi dari sponsor, yang terkadang kurang bermanfaat. Tidak boleh sangsi untuk meniadakan program-aplikasi itu dari handphone.

Cache penting juga untuk jadi perhatian. Cache adalah endapan data yang dibuat proses dari berjalannya program. Walau bermanfaat untuk percepat performa program waktu dibuka, tetapi kebanyakan cache malahan mengakibatkan penyimpanan handphone jadi penuh, dan perlambat performa handphone.

Membersihkan cache dengan program pencuci bawaan. Umumnya handphone diperlengkapi dengan program keamanan dan pencuci, hingga tak perlu mengambil program dari faksi ke-3 .

Baca Juga :   5 Penyebab Xiaomi Redmi K40 Gaming Pas untuk Gamer

3. Kelola Widget

Widget umumnya berada di monitor awalnya handphone. Pemakaian widget umumnya selaku jalan singkat ke arah feature satu program. Tetapi, sering juga widget yang tampil tanpa diakui, yang disebabkan karena virus atau iklan yang tidak menyengaja terjamah waktu berseluncur di browser.

Lihatlah monitor home pada handphone. Yakinkan widget yang ada cuman widget yang diperlukan. Jika ada yang meresahkan, karena itu langsung hapus saja. Triknya, pencet dan tahan widget yang pengin dihapus, lalu pencet hapus.

4. Matikan Animasi

Animasi saat peralihan program bisa percantik penampilan handphone. Tetapi, animasi ini berpengaruh ke performa handphone, sebab animasi memerlukan semakin banyak RAM untuk menjaringnkannya. Tidak ada kelirunya untuk selalu memakai animasi peralihan, tapi, menonaktifkan animasi dapat lebih menolong jaga kecepatan performa handphone.

Jika memakai launcher, karena itu animasi bisa dimatikan di penataan launcher. Tetapi, animasi bisa juga dimatikan secara manual pada opsi Developer Options pada menu Penataan.

5. Bersihkan Ruang Penyimpanan

Pemicu umum ke-2 ialah kebanyakan program yang berjalan pada background handphone. Program yang barusan ditutup sering sedang berjalan pada background. Maksudnya supaya jika dibuka kembali, pemakai ada di halaman yang serupa dengan halaman paling akhir program saat sebelum ditutup. Tersisa program yang berjalan ini dimuat dalam RAM.

Cukup berguna, memang. Tetapi, jika program yang berjalan di background kebanyakan, karena itu RAM akan penuh. Efeknya, performa handphone akan melamban. Cukup pencet menu program yang lagi berjalan pada tombol navigasi, lalu swipe kotak program ke kanan. 

6. Jauhi Aplikasi Pembersih dari Pihak Ketiga

Walau terlihat bermanfaat, tapi program pencuci dari faksi ke-3 seringkali menghancurkan dibanding betul-betul bersihkan. Program-aplikasi seperti Clean Master dari Cheetah Mobile bersihkan cache sering, yang malahan membuat jadi lamban, bukannya percepat.

Baca Juga :   5 Hacks untuk Turunkan Keterikatan pada Smartphone

Selanjutnya, lihat privacy ke-3 memakai program apa saja dari faksi ke-3 . Umumnya program semacam itu minta bermacam akses tambahan, yang jika tidak jadi perhatian secara baik, bisa berpengaruh pada perampokan data.

7. Restart Smartphone

Langkah paling cepat dan paling mudah percepat performa handphone dengan lakukan restart. Perlakuan ini sanggup meniadakan cache, hentikan program yang tak perlu, dan membuat performa handphone jadi lebih cepat kembali. Cukup pencet dan tahan tombol power dan tentukan menu restart/reboot, click OK.

8. Perbarui Software Android

Kadang tampil pernyataan untuk mengupdate software saat asyik bermain handphone. Tetapi, seringkali pemakai malahan meremehkan pernyataan ini. Walau sebenarnya, penyempurnaan software penting untuk keberlangsungan hidup handphone.

Penyempurnaan tidak selalu mengenai feature dan service. Penyempurnaan mengarah pada pembenahan kekeliruan yang peluang berlangsung pada mekanisme. Oleh karena itu, yakinkan software pada handphone dalam versus terbaru.

9. Reset ke Pengaturan Pabrik

Cara paling akhir sebagai senjata terakhir ialah kembalikan handphone ke penataan pabrik. Cara ini bisa bersihkan handphone dari bermacam program yang tidak penting, virus, dan cache yang menimbun. Cara ini membuat handphone seperti barusan keluar dari boksnya.

Tetapi, cara ini berpengaruh besar untuk data yang berada di handphone. Kembalikan handphone ke penataan pabrik bermakna meniadakan semua file yang ada dalam ruangan penyimpanan. Berarti, pemakai akan kehilangan segala hal yang tersimpan pada handphone.

Oleh karena itu, saat sebelum melakukan, cadangkan lebih dulu file yang perlu: dokumen, photo, video, dan lain-lain ke penyimpanan external, seperti netbook atau kartu micro SD. Juga bisa menyimpan data yang ada ke penyimpanan awan (cloud penyimpanan) seperti Google Drive, DropBox, atau lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *